Langsung ke konten utama

Makalah Budidaya lobster air tawar

Karya Tulis Ilmiah
Pembudidayaan Lobster Air Tawar



SMA AL-IRSYAD
CILACAP



                                               
Disusun oleh :
1.      Adinda Miftahul Ilmi                    (NIS: 1945)
2.      Aditya Eka Bagaskara                  (NIS: 1946)
3.      Imam Syaeful Fathah                    (NIS: 2008)
4.      Romy Pamungkas                         (NIS: 2053)
5.      Yutha Valeda                                (NIS: 2071)





SMA AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH CILACAP
JL. Jendral Sudirman No.70 Cilacap
2014/2015
HALAMAN PENGESAHAN
Judul           : BUDIDAYA LOBSTER AIR TAWAR
Penyusun    :
1.      Nama Lengkap   : Adinda Miftahul Ilmi  (NIS: 1945)
2.      Nama Lengkap   : Aditya Eka Bagaskara (NIS: 1946)
3.      Nama Lengkap   : Imam Syaeful Fathah  (NIS: 2008)
4.      Nama Lengkap   : Romy Pamungkas       (NIS: 2057)
5.      Nama Lengkap   : Yutha Valeda              (NIS: 2071)
Guru Pendamping :
 a.        Nama Lengkap              : Ratih Anggraeni.S.Pd
 b.        NP                                 : 1031001358







        Menyetujui                                                                 Cilacap,  01 Mei 2015
  Guru Pendamping                                                                       Ketua




Ratih Anggraeni, S.Pd                                                       Imam Syaeful Fathah
   NP  : 1031001358                                                                  NIS  : 2008

    Mengetahui
Kepala SMA AL-Irsyad  Cilacap


PARTANA S.Pd
 NP : 1031000307
KATA PENGANTAR
Segala Puji Bagi Allah yg telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya sehingga karya tulis ilmiah yang Berjudul “Pembudidayaan Lobster Air Tawar ini dapat di selesaikan tepat pada waktunya.
Secara khusus, Ucapan Terima Kasih kami sampaikan pada :
1)      Bapak Partana S.Pd selaku Kepala SMA AL-IRSYAD Cilacap yang telah memberi kesempatan dan dorongan kepada kami.
2)      Ibu Ratih Anggraeni S.Pd selaku guru pembimbing dan penelaah yang berkenan memberi masukan setelah mencermati dan meneliti Karya Tulis Ilmiah Ini.
3)      Kepada Masyarakat yang telah memberi bantuan  untuk menyelesaikan analisis Karya Tulis Ilmiah kami.
4)      Rekan-rekan yang telah memberikan semangat, saran dan masukan untuk membangun Karya Tulis Ilmiah Kami.

Semoga bantuan dan kerjasama yang telah diberikan kepada kami, mendapat balasan dari Allah SWT. Kami menyadari Karya Tulis ini masih belum bisa di sejajarkan dengan predikat karya tulis yang baik, masih terdapat banyak kekurangan yang masih perlu diperbaiki. Oleh karena itu, Kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat lugas, Sehingga di lain kesempatan karya tulis ini bisa menjadi lebih baik.






                                                         Cilacap,   01 Mei 2015






DAFTAR ISI
JUDUL...................................................................................................................................iHALAMAN PENGESAHAN..............................................................................................ii
KATA PENGANTAR.........................................................................................................iii
     DAFTAR ISI........................................................................................................................iv
     ABSTRAK............................................................................................................................v

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang...............................................................................................................1
B.     Rumusan Masalah..........................................................................................................2
C.     Tujuan Penelitian............................................................................................................2
D.    Manfaat Hasil Penelitian................................................................................................2
BAB II KERANGKA TEORI
A.    Landasan Teori...............................................................................................................3
BAB III METODE PENELITIAN
A.    Lokasi dan Waktu Penelitian..........................................................................................5
B.     Metode Penelitian...........................................................................................................5
C.     Alat dan Bahan...............................................................................................................5
D.    Prosedur Penelitian.........................................................................................................5
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Gambaran Umum Objek Penelitian...............................................................................6
B.     Deskripsi Hasil Penelitian..............................................................................................6
BAB V PENUTUP
A.    Kesimpulan...................................................................................................................12
B.     Saran.............................................................................................................................12

      Daftar Pustaka....................................................................................................................13
      Lampiran
      Daftar Riwayat Hidup Siswa..............................................................................................14


ABSTRAK

Pembudidayaan Lobster Air Laut Tawar oleh Masyarakat merupakan suatu proses cara membudidayakan Lobster untuk bisa berkembang secara terus menerus. Karena banyak bermanfaat bagi para pembudidaya dan seluruh masyarakat yang terlibat. Sebab pentingnya membudidayakan Lobster sesuatu yang sederhana untuk menghasilkan usaha-usaha yang kecil menjadikan yang besar. Lobster ternyata tidak hanya ditemukan di perairan laut, tetapi juga di perairan tawar. Bahkan, Lobster air tawar dapat dibudidayakan di luar habitat aslinya. Udang dengan ukuran “raksasa” ini ternyata disukai konsumen, baik di luar maupun negeri. Lobster air tawar memiliki cita rasa lebih gurih dibandingkan dengan lobster air laut. Tidak hana itu, lobster air tawar memiliki kandungan lemak, kolesterol, dan garam yang rendah sehingga aman di konsumsi oleh masyarakat. Bentuk dan warna tubuh yang khas membuatnya layak mengisi akuarium. Kondisi tersebut menggambarkan betapa prospek budi daya lobster air tawar terbuka lebar, sebab animo peternak untuk membudidayakan cukup tinggi.

BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar belakang
Keberadaan lobster air laut tawar di indonesia dapat dikatakan suatu yang baru, khususnya Lobster jenis Cheaz quadricarinatus atau biasa disebut dengan red claaw. Red claw berasal dari Queensland, Australia. Namun, ada juga yang tersebar di amerika serikat sampai perairan Papua, Indonesia, meskipun jumlahnya relatif sedikit. Jenis red claw memang meliki keunikan, yaitu warna tubuhnya biru laut. Padahal, warna biru itu sendiri biasanya hanya dapat dijumpai pada ikan hias air laut. Dengan demikian, Lobster air tawar ini tidak hanya dijadikan sebagai udang konsumsi, tetapi dimanfaatkan sebagai udang hias. Red claw pada dasarnya dapat hidup di berbagai habitat. Hanya saja untuk meningkatkan produktivitasnya dalam berkembang biak, Red claw cenderung cocok pada suhu yang bersuhu 20 . Kondisi tersebut sangat sesuai dengan iklim di indonesia sehingga sangat mendukung serta menguntungkan jika di budidayakan. Proses pembudidayaan red claw di indonesia tidak membutuhkan heater yang berfungsi untuk merangsang suhu tinggi seperti yang biasa dilakukan pada habitat asalnya di Queensland jika suhu terlalu rendah.
Red claaw dapat berkembang dengan berat tubuh mencapai lebih dari 500gram dengan panjang sekitar 50cm. Selain itu, lobster ini mampu hidup selama 4-5 tahun. Red claw memiliki tingkat produktivitas yang tinggi, dalam setahun seekor red claw betina mampu bertelur sebanyak empat kali dan menghasilkan ribuan telur dan anakan.
Pembudidayaan red claw dari segi ekonomi sangat menguntungkan dan mengingat biaya investasi serta perawatan masih lebih kecil jika dibandingkan dengan keuntungan yang didapatkan. Keuntungan tersebut dapat diperoleh dari penjualan Lobster ke tempat penjualan ikan hias atau kolektor sebagai udang hias, ke hotel-hotel berbintang dan restoran sebagai makanan yang bercita rasa tinggi. Red claw memiliki daging yang kenyal dan rasa yang gurih melebihi lobster air laut. Di samping jga memiliki tingkat kolesterol, lemak, dan kandungan garam yang rendah shingga aman dikonsumsi berbagai kalangan.



B.     RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas dapat ditulis rumusan masalah yaiu sebagai berikut:
1. Bagaimana proses atau cara pembudidayaan lobster air tawar?
C.       TUJUAN PENELITIAN
1.      Untuk mengetahui proses atau cara pembudidayaan lobster air tawar.
D.    MANFAAT  HASIL PENELITIAN
1.      Bagi Penulis
a.       Memberi ilmu pengetahuan yang bermanfaat.
b.      Mengerti proses atau cara pembudidayaan lobster air tawar langsung di lapangan.
c.       Mendapat ilmu bisnis di bidang usaha lobster air tawar.
2.      Bagi Pembaca
a.       Memberi tahu kepada pembaca atau Masyarakat tentang pembudidayaan lobster air tawar.
b.      Memberi tahu masyarakat tentang tata cara atau proses untuk membuka usaha di bidang peternakan terutama untuk pembudidayaan lobster air tawar.
c.       Memberi lapangan pekerjaan untuk masyarakat bagi yang membuat bisnis budidaya lobster air tawar.
d.      Mencintai alam dan melestarikan hewan lobster.








BAB II
KERANGKA TEORI
A.    Landasan Teori
Budidaya berpangkal pada cultivation, yaitu suatu pekerjaan yang berusaha untuk menumbuhkan, menambah, dan mewujudkan benda agar lebih besar atau banyak(tumbuh).
pekerjaan ini membutuhkan kepercayaan diri (pembudidaya) tumbuh, hidup dan berkembang.
Lobster adalah salah satu  hewan yang  berbentuk unik seolah gabungan udang dan kepiting karena mirip udang berukuran besar dengan capit mirip kepiting yang besarnya hampir menyamai badannya. Padahal banyak juga lobster yang bercapit relatif kecil atau bahkan tidak bercapit sama sekali. Dalam silsilah, lobster termasuk ke dalam filum Arthropoda, subfilum Crustacea, kelas Malacotraca, ordo Decapoda, famili Nephropidae. Dari keluarga Nephropidae tersebut masih dapat dibagi lagi ke dalam subfamili dan genera Neophoberinae, Thymopinae dan Nephropinae.
Menurut Lowery (1988), genus Cherax merupakan udang air tawar yang mempunyai bentuk seperti lobster karena memiliki capit yang besar dan kokoh, serta rostrum picak berbentuk segitiga yang meruncing. Pada umumnya lobster air tawar secara morfologi memiliki ciri-ciri tubuh terbagi menjadi 2 bagian, yakni bagian kepala dan dada (Chepalothorax) serta bagian perut dan badan (Abdomen) demikian dengan tubuh Cherax(Setiawan, 2006; Martusudarmo, 1980). Antara kepala bagian depan dan bagian belakang dikenal dengan nama sub-chepalothorax (Setiawan, 2006). Cangkang yang menutupi kepala disebut karapas (carpace) yang berperan untuk melindungi organ-organ tubuh bagian dalam, seperti otak, insang, alat pencernaan (hati dan lambung) termasuk organ hepatopankreas, jantung dan organ reproduksi (Setiawan, 2006; Martusudarmo, 1980). Karapas (penutup chepalothorax) tersusun dari zat tanduk atau kitin yang tebal (Setiawan, 2006). Zat tanduk ini merupakan nitrogen polisakarida (C8H13Nx) yang disekresikan oleh epidermis dan dapat mengelupas pada waktu tertentu.

Menurut Iskandar (2003) dan Setiawan (2006), bila dilihat bagian luar, lobster air tawar memiliki alat pelengkap, yaitu:
  1. Sepasang antenna yang berfungsi sebagai perasa dan peraba terhadap pakan dan kondisi lingkungan.
  2. Sepasang antennula yang berfungsi sebagai alat penciuman, mulut dan sepasang capit (celiped) yang lebar dengan ukuran lebih panjang jika dibandingkan dengan ruas dasar capitnya.
  3. Sepasang maksila, mandibula dan maksilipedia.
  4. Enam ruas badan (abdomen) memipih, sedikit lebar dan rata-rata hampir sama dengan lebar kepala.
  5. Ekor, terdiri atas ekor tangan (telson) memipih, sedikit lebar dan dilengkapi duri-duri halus yang muncul di semua bagian tepi ekor (Gambar 3). Bagian ekor lainnya adalah dua pasang ekor samping (uropoda) yang juga memipih.












BAB III
METODE PENELITIAN
A.    Lokasi dan Waktu Penelitian
Penelitian pembudidaya lobster air tawar ini dilakukan di Jl. Anggrek, pada hari Minggu 1 Maret 2015.
B.     Metode
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi pustaka dan eksperimen percobaan. Studi pustaka dilakukan dengan menbaca dan mengambil informasi dari buku buku referensi dan website. Eksperimen (praktik langsung) dilakukan untuk mengetahui cara pembududayaan lobster air tawar.
C.     Alat dan Bahan
1.      Kamera Digital
2.      Hand Phone
3.      Buku Tulis
4.      Pipa Paralon
5.      Aquarium
D.    Prosedur Penelitian
1.      Tahap Awal
a.       Mengumpulkan informasi dan berbagai literature tentang proses pembudidayaan Lobster Air Tawar
b.      Menentukan tempat penelitian Budidaya Lobster Air Tawar
2.      Tahap Kedua
a.       Mengamati proses pembudidayaan Lobster Air Tawar
3.      Tahap Akhir
a.       Menyusun hasil penelitian ke dalam karya tulis ilmiah





BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Gambaran Umum Objek Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kurang lebih empat bulan yang meliputi observasi di lokasi penelitian yang menyangkut studi pembudidayaan Lobster yang dilakukan maka diperoleh hasil penelitian yang akan di bahas berikut ini.
Belakangan ini pembudidayaan Lobster Hampir di tonjolkan oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini dapat di mengerti karena memang banyak potensi Lobster yang diperkirakan juga sangat banyak. Pada Hakekatnya adalah mengembangan dan memanfaatkan Hasil budidaya serta daya tarik masyarakat erupa pemanfaatan Lobster sebagai Hasil budidaya
Dengan Potensi yang demikian banyak, agar pembudi daya bisa memanfaatkan agar tertarik dengan perkembangan Lobster secara sistematis bagi masyarakat Lokal.
Keterlibatan masyarakat Lokal menjadi penting termasuk sebagai upaya untuk mendukung mengembangkan Lobster bagi kesejahteraan masyarakat. Hal ini penting agar pengembangan budidaya tidak hanya demi meninggalkan banyaknya Lobster tetapi juga benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat yang bersangkutan
B.     Pembahasan
1.      Bahan Penelitian
A.    SUMBER AIR
Air menjadi kebutuhan utama dalam budidaya Lobster, Selain sebagai media internal, air juga sebagai media eksternal bagi Lobster. Sebagai media internal, air berfungsi sebagai pengangkut bahan pakan dan memperlancar metabolisme dalam tubuh lobster. Sebagai eksternal, air berfungsi sebagai habitat lobster sehingga tanpa air, Lobster tidak mungkin bisa hidup.
Lobster air tawar tentu menginginkan air tawar. Beberapa sumber air tawar yang dapat dignakan untuk memelihara lobster adalah air sumur dan air pam atau air ledeng. Berdasarkan pengalaman, Lobster penginginkan air dengan PH 7-8 dengan suhu 20  dan tingkat kesadaran air agak lembut, yaitu antara 10  Sementara kandungan minimal 7 ppm dan  maksimal 10 ppm.
Air yang berasal dari sumber (air tanah) dapat langsung digunakan tanpa harus diolah terlebih dahulu. Namun, air pam (air ledeng) harus di uapkan selama 10-12 jam sebelum digunakan.

B.     BAK PEMELIHARAAN
Bak atau Kolam pemeliharaan merupakan tempat pembudidayaan lobster air tawar. Bak digunakan untuk memelihara induk sebagai tempat pembesaran.
Bak dapat berbentuk segi empat atau disesuaikan dengan luas dan bentuk lahan yang tersedia. Namun, yang perlu diperhatikan dalam pembuatan bak atau kolam lobster adalah ukurannya yaitu sekitar 200cm x 100cm x 50cm.
Yang membedakan dengan kolam ikan adalah pada bibir atas bak bagian dalam diberi kaca, porselen, atau cukup dikasih semen. Tujuannya untuk mencegah lobster kabur dari bak. Lobster air tawar terkenal dengan sifat pengembaranya yang tinggi. Tinggi kaca atau porselen dari bibir atas kolam kebawah cukup 20cm. Sementara dinding bagian bawah sampai dasar bak (ketinggian sampai 30cm) diplester  dengan semen. Bagian ini juga merupakan batas pengisian air. Untuk mencegah luapan air bak dan menciptakan kondisi air yang mengalir, sebaiknya dibuat pembuangan. Lubang pembuangan dapat pula dibuat yang mengalir, sebaiknya dibuat saluran pembuangan. Lubang pembuangan dapat pula dibuat dibagian tengah atau pinggir bak dengan cara memasang pipa paralon berdiameter 1 inci (2,5cm) setinggi air  bak. Namun, lubang tersebut harus ditutupi dengan kain kasa agar lobster sulit untuk kabur.

C.     AKUARIUM
Adapun jenis akuarium yang dibutuhkan dalam pembudidayaan lobster air tawar adalah akuarium perkawinan induk, akuarium pengeraman dan penetasan, serta akuarium pemeliharaan benih. Akuarium lobster dapat berbentuk persegi empat panjang atau bujur sangkar. Akuarium perkawinan induk yang idela untuk lobster air tawar dibuat dengan ukuran 100cm x 50cm x 45cm. Akuarium pengeraman dan penetasan dengan ukuran 60cm x 45cm x 40cm. Adapun akuarium pemeliharaan beih dibuat dengan ukuran 100cm x 70cm x 25cm. Disalah satu akuarium bagian atas tersebut diberi lubang sebesa selang aerator, selain sebagai tempat masuknya selang aerator, lubang tersebut juga di maksudkan untuk mencegah lobster menyerap keluar selang aerator.   
D.    PIPA PARALON DAN ROSTER
Pipa paralon merupakan tempat persembunyian sekaligus sebagai tempat berlindung dari cahaya yang berlebihan. Ukuran diameter dan panjang paralon disesuaikan dengan pertumbuhan lobster. Rooster bila digunakan sebagai tempat persembunian mempunyai kelemahan, yaitu hana bisa digunakan untuk anakan sampai umur 3 bulan atau panjang tubuh maksimal mencapai 7,5cm. Pipa paralaon yang digunakan, baik di akuarium maupun didalam kolam, sebaiknya saling direkatkan dengan lem atau diikat dengan kawat, yang penting adalah pipa tersebut tidak bergerak bebas di dalam air ketika digunakan oleh lobster untuk bersembunyi.
E.     AERATOR
Alat ini sangat penting karena tanpa alat ini maka sangat mungkin lobster aka mati dalam akuarium atau baj akibat kekurangan pasokan oksigen dari udara. Aerator yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan jumlah atau besar kecilnya akuarium dan bak.
C.     Pembenihan Lobster
1.      Umur
Induk lobster air tawar akan mengalami matang gonad pada umur 6-7 bulan. Oleh karena itu jika ingin membeli calon induk sebaiknya membeli calon induk sebelum umur tersebut atau memilih calon induk yang sudah berumur 5 bulan. Ini dimaksudkan agar calon induk memiliki waktu yang cukup tapi tidak terlalu lama beradaptasi dengan lingkungan yang baru.
2.      Pertumbuhan
Memilih calon induk harus memperhatikan proses pertumbuhan dari benih sampai lobster dewasa. Untuk mengetahui hal tersebut, peternak dapat menanyakan kepada pemilik induk sebelum membeli. Ini penting diperhatikan karena calon induk dengan pertumbuhan yang cepat diperkirakan akan cepat pula matang gonad dan diharapkan benih yang dihasilkannya banyak serta mengikuti pola pertumbuhan induknya.
D.    Perkawinan Induk
Calon induk yang sudah dimasukkan ke dalam akuarium akan mengalami proses adaptasi. Dalam jangka waktu sekitar satu bulan lebih atau diperkirakan telah berumur 6-7 bulan, calon induk akan melakukan perkawinan.

E.     Pemindahan Induk Ke Akuarium Pengeraman
Induk betina yang sudah mulai mengeluarkan telur ditandai dengan seringnya berdiam di dalam pipa paralon dan terlihat ekornya terlipat ke dalam. Induk betina yang demikian sebaiknya segera dipindahkan ke aquarium pengeraman dan penetasan, namun sebelum dipindahkan siapkan aquarium dan isi air hingga ketinggian 25-30cm.
F.      Pengeraman dan Penetasan Telur
Sekitar 19 hari setelah kawin atau 4 hari setelah keluar telur yang pertama semua telur akan keluar dengan warna kuning. Sekitar 2 minggu kemudian, telur akan berubah warna dari kuning menjadi orange. Setelah minggu ke 4 muncul bintik bintik hitam, bintik bintik tersebut menandakan bahwa dalam waktu beberapa hari telur akan menetas. Telur akan menetas diakhir minggu kelima.
Setelah telur menetas semuanya, benih masih tetap menempel di tubuh induknya. Benih tidak langsung lepas dari tubuh induknya karena masih membutuhkan makanan berupa lendir di tubuh induknya. Benih baru mulai lepas dari induknya setelah 4-5 hari setelah menetas. Benih tersebut sudah membentuk udang menyerupai induknya. Pada saat benih mulai ada yang lepas sebaiknya dimasukkan pipa paralon berdiameter paling kecil.
G.    Perontokan Benih
Telur yang sudah menetas tidak dibiarkan hingga semuanya lepas dari induknya. Jika menunggu sampai semua benih atau anakan lepas dari induknya, dikhawatirkan sang induk akan memangsa anaknya sendiri. Untuk menghindari terjadinya kanibalisme, maka segera benih dipanen dengan cara dirontokkan. Perontokan dilakukan pada awal minggu ke 6 atau setelah benih yang lepas dari tubuh induknya sekitar 25-30%. Waktu perontokan tersebut dianggap tepat karena pada saat itu benih sudah cukup mampu lepas dari induknya.
Cara perontokan benih dari tubuh induknya dimulai dari penangkapan induk. Setelah itu, induk diangkat keatas permukaan air sehingga yang terendam hanya sebagian tubuhnya. Pada saat itu induk akan berontak dengan cara mengibas ngibaskan ekornya dan menggerak gerakkan kakinya. Dengan demikian, benih akan lepas satu persatu dari tubuh induknya.
Setelah benih lepas semuanya, induk betina segera dikembalikkan ke aquarium perkawinan bersama pipa paralon yang ada pada aquarium pengeraman. Pengembalian induk betina ke aquarium perkawinan dimaksudkan agar induk tersebut segera melakukan perkawinan dan bertelur lagi. Dari pengalaman kami, menunjukkan bahwa induk betina yang sudah menetaskan telurnya, dalam waktu 3-4 minggu kemudian akan kembali bertelur.
H.    Perawatan Benih
Benih atau anakan yang sudah dipanen atau dirontokkan dari induknya tetap dipelihara di dalam aquarium penetasan hingga umur 1 bulan. Namun, aquarium harus diberi pipa paralon dengan jumlah mendekati sama dengan banyaknya benih. Selain itu, ketinggian air dikurangi hingga hanya sekitar 10-12cm.


I.        Pemindahan Benih
Benih yang telah berumur 1 bulan, sebaiknya dipindahkan ke aquarium pemeliharaan. Pemindahan ini dimaksudkan agar benih lebih bebas bergerak karena aquarium pemeliharaan lebih besar dibandingkan dengan aquarium penetasan. Aquarium pemeliharaan dengan ukuran 100cm x 75cm x 25cm mampu menampung sekitar 100-200 ekor benih. Benih dipindahkan bersama pipa-pipa paralon dengan cara diangkat satu persatu. Sementara benih yang masih tersisa di aquarium penetasan diserok dengan kain kasa, kemudian dimasukkan kedalam aquarium pemeliharaan. Ketinggian air aquarium pemeliharaan cukup 10-12cm.










J.       Pemanenan Lobster
1.      Panen untuk konsumsi
Lobster siap konsumsi mulai bisa dipanen pada umur 7 bulan. Lobster dengan umur tersebut sudah mencapai berat 90-100 gram per ekor atau 10-12 ekor per kilogram.
      Cara panen lobster untuk konsumsi cukup sederhana, yaitu dengan cara menguras total air bak.setelah air bak habis, lobster ditangkap satu persatu dan di masukan ke dalam wadah atau langsung dikemas dalam sebuah wadah kemasan berupa styrofoam.
2.      Panen untuk indukan
Jika pembesaran lobster sebagian ditujukan untuk memenuhi permintaan calon induk maka pemanenan dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan waktu pemanenan untuk konsumsi. Panen calon indukan dilakukan mulai umur 3 bulan. Caranya dengan memperhatikan satu per satu lobster muda. Lobster muda yang dipilih untuk calon indukan adalah pertumbuhan lebih besar dibandingkan dengan lobster muda lainnya. Setelah itu, lobster muda ditangkap menggunakan serokan. Selanjutnya, dimasukan ke dalam akuarium yang telah dipersiapkan. Jumlah calon indukan yang bisa dipanen dalam satu bak hanya berkisar 5-10%. Jika dalam satu bak terdapat lobster muda sekitar 150-200 ekor maka calon induk yang bisa dipanen hanya berkisar 8-20 ekor.









BAB V
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Lobster ternyata tidak hanya ditemukan di perairan laut, tetapi juga di perairan tawar. Bahkan, lobster air tawar dapat dibudidayakan di luar habitat aslinya. Udang dengan ukuran “raksasa” ini ternyata disukai konsumen, baik di luar dalam maupun di luar negeri. Lobster air tawar memiliki cita rasa lebih gurih dibandingkan dengan lobster air laut. Tidak hanya itu, lobster air tawar memiliki kandungan lemak, kolesterol, dan garam yang rendah sehingga aman dikonsumsi oleh semua kalangan. Lobster air tawar juga bisa dijadikan sebagai udang hias. Bentuk dan warna tubuh yang khas membuatnya layak mengisi akuarium. Kondisi tersebut menggambarkan betapa prospek budidaya lobster air tawar terbuka lebar.
B.     Saran
Lobser air tawar sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membudidayakan karena sebagai sarana untuk memajukan perekonomian hidup. Selain itu, budidaya Lobster air tawar juga untuk menjaga kelestarian hidup Lobster air tawar.











DAFTAR PUSTAKA
Adijaya S, Dian,”Besar Hiasan kecil penggoyang Lidah,”April 2003.
Chan, Thin-Yam and Yu, Hsiang-ping, “The Illustrated Lobster of Taiwan (Taipei:SMK Publishing Inv,1993.
            Crandall, Keith A. And James W. Fetzner, “Astacidea, Crayfishes and true losters?
Department, Sardi,”perkasa dengan Lobster” Trubus, April 2003.
Hadie, Wartono dan Emmaati H., Lies, Budidaya Udang Galaha Gimacro (Jakarta: SWADAYA 2002).
Karjono dan Adijaya, Dian, “Lobster Akuarium 10 bulan kembali modal”.Trubus, April 2003
Suyanto S., Rachmatun dan Achmad Mujiman, Budi daya Udang Windu (Jakarta 1982)
Sugeng, W.A “Lobster Red Claw Australia:Pengeban yang menguntungkan”kedaualan rakyat, 7 Maret 2003.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

budaya literasi

Sudah tidak terbantahkan lagi bahwa budaya membaca di indonesia masih sangat kurang, dikarenakan budaya membaca ini sudah dikalahkan oleh perkembangan zaman sehingga daya tarik anak-anak sebagai penerus bangsa bukan lagi buku melainkan hanphone dan televisi, untuk mengurangi kecanduan anak-anak terhadap teknologi, keluarga merupakan peran yang paling utama dengan membatasi anak-anak bermain game atau menonton televisi bisa digantikan dengan kegiatan seperti membaca buku pengetahuan, buku cerita dan komik,keluarga dirumah juga bisa menceritakan cerita atau dongeng sebelum tidur untuk langkah awal sianak memahi apa yang dia akan baca nantinya, selain keluarga yang berperan aktif, sekolah juga ambil bagian untuk bisa menumbuhkan budaya membaca dikalangan anak-anak  dikarenakan sekolah sebagai lembaga pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan karakter anak-anak penerus bangsa dengan adanya kegiatan membaca disekolah anak-anak akan lebih memahami bahwa membaca itu bukan suatu hal ...